TIPS – TIPS SUKSES BISNIS IKAN ARWANA YANG MENJANJIKAN

Ikan arwarna merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki ukuran cukup besar di dalam akuarium. Ternyata, bisnis ikan arwana yang mempunyai moncong panjang ini sangat menjanjikan. Ikan arwana memiliki harga jual yang tinggi, tetapi orang – orang terkadang meragukan bila menjalankan bisnis ikan hias yang satu itu, karena biaya produksi nya yang memang tinggi juga.

Untuk memulai bisnis ini anda memang harus mempunyai modal yang cukup untuk membiayai ternak ikan arwana ini seperti, membeli ikan arwana nya, biaya untuk pemeliharaan ikan arwana. Meskipun temasuk ke dalam hal yang sulit membuat orang – orang tidak ingin untuk menjalankan bisnis ini, tetapi bila anda mempunyai semangat yang tinggi dan keuletan dalam menjalankan bisnis nya, dapat dipastikan anda akan berhasil dan mendapatkan hasil yang besar pula. Modal yang sudah anda keluarkan akan berbalik bahkan anda mendapatkan hasil yang lebih.

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan Untuk Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Untuk memulai budidaya ikan arwana, anda memerlukan aneka material agar mendukung bisnis dari budidaya ikan arwana anda.

1.Media Untuk Budidaya Ikan Arwana

Untuk media budidaya ikan arwana, anda membutuhkan 4 sampai 6 akuarium. Di dalam akuarium tersebut, barang – barang yang sebaik nya anda punya adalah alat pengukur suhu, heater, penyaring air, lampu, aerator, oksigen pembuat gelembung, saluran air.

2.Jenis Bibit Ikan Arwana

Terdapat beberapa jenis ikan arwana, anda dapat memilih jenis apa yang anda ingin kan yang ingin dikembang kan di dalam bisnis budidaya ikan arwana tersebut. Bila anda bingung dalam memilih, anda dapat melakukan survei terlebih dahulu di pasar ikan, jenis ikan arwana apa yang paling di minati dan laku di pasaran.

3.Makanan Ikan

Untuk bahan makanan ikan arwana, anda harus mempersiapkan pellet. Pellet yang anda beli sebaiknya yang mempunyai kandungan protein yang baik, kira – kira 32 persen. Selain itu, anda dapat memberi makanan berupa udang, ikan mas, potongan kecil daging, dan kepiting kecil.

Langkah – Langkah Yang Simple Untuk Memulai Bisnis Ikan Arwana

Sesudah anda mempersiapkan segala macam kebutuhan yang diperlukan dalam membudidaya ikan arwana, ini adalah langkah – langkah simple dalam menjalankan bisnis ikan arwana.

1.Mempersiapkan Tempat Budidaya

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan tempat untuk budidaya ikan arwana. Desain dari akuarium beserta dengan seluruh peralatan nya dengan baik, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan nya. Lalu, ikan arwana senang tinggal pada kolam atau akuarium yang berbatu.

2.Mempersiapkan Air Akuarium

Persiapkan air akuarium dengan temperature suhu kira – kira sekitar 26 hingga 30 derajat celcius. Selain suhu air, air yang di masukan ke dalam kolam pun harus yang mempunyai kadar PH air sebesar 6 sampai 7. Pastikan agar air pada akuarium anda selalu mengalir dengan bantuan dari sirkulator dan saluran air.

3.Mempersiapkan Penerangan Lampu Akuarium

Penerangan lampu pada akuarium dibutuhkan, karena ikan arwana senang dengan cahaya. Tetapi anda sebaik nya tidak menaruh akuarium di luar ruangan, karena ikan arwana tidak dapat bertahan hidup bila terkena cahaya matahari langsung.

4.Mempersiapkan Ikan Arwana Indukan

Pisahan indukan arwana dari ikan – ikan yang lain nya, dan pastikan kualitas dari indukan memiliki mutu yang tinggi. Dengan kualitas indukan yang baik, akan menghasilkan bibit yang bagus juga.

5.Memberi Makan Secukupnya

Makanan terbaik untuk ikan arwana adalah Pellet, atau dapat dengan menggunakan makanan yang lain seperti udang, potongan kecil daging, ikan mas, dan kepiting kecil. Beri makan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+