DENGAN MODAL Rp 10 JUTA DAPAT TERNAK KAMBING, IKUTI LANGKAH – LANGKAH NYA

Ternak kambing dapat di jadikan sebuah pilihan untuk peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini di karena kan minat dari masyarakat terhadap hewan yang berkaki empat ini masih banyak. Kambing biasa nya di olah dan di jadikan sajian makanan yang lezat di rumah makan juga di restoran. Dapat di olah menjadi gulai, sop, dan yang paling banyak peminat nya adalah dengan menjadikan nya sate.

Kambing juga sering di jadikan santapan khas acara – acara keagamaan, yaitu seperti akikah dan juga idul adha. Jadi jangan sampai anda takut bahwa akan terjadi sepi pembeli bila menjadi seorang peternak kambing. Sebelum anda langsung terjun ke bisnis ternak kambing, berikut beberapa informasi yang penting tentang keuntungan, kerugian, cara beternak, dan modal yang harus ada persiapkan agar proses ternak nya dapat berjalan dengan lancar.

Keuntungan Dari Berternak Kambing

  • Pasar nya yang luas

Pangsa pasar kambing yang luar, karena banyak nya rumah makan atau pun restoran yang menggunakan olahan daging kambing sebagai menu utama nya. Anda dapat melihat di pinggir jalan, hampir setiap beberapa ratus meter anda akan menemuka warung sate kambing atau gulai kambing. Jadi sudah tidak alasan bila menjual ini takut rugi, bila di jalankan dengan baik dan benar, peluang bisnis ini akan sangat menggiurkan.

  • Panen nya yang cepat

Bila di rawat dan di pelihara dengan benar, waktu panen dari kambing akan cepat. Dalam waktu satu tahun anda akan mendapatkan 25 anak kambing dengan modal ternak dua jantan dan tiga betina saja. Sementara itu, setelah kambing anda siap untuk di jual adalah yang sudah ber umur 8 sampai 12 bulan.

  • Biaya pemeliharaan nya yang murah

Biaya pemeliharaan nya juga terjangkau, bila dibanding kan dengan ternak sapi. Karena kambing tidak membutuhkan lahan yang luas, dan pakan yang ribet. Beberapa kambing bahkan dapat di beri makan dengan rumput hijau saja.

Kerugian Dari Berternak Kambing

  • Bau kambing yang menganggu

Ini yang sering menjadi penolakan masyrakat bila memelihara kambing. Bau nya yang menyengat dan sangat mengganggu penciuman seseorang. Lebih baik mencari lahan yang jauh dari pemukiman warga.

  • Mudah terserang oleh penyakit

Kambing termasuk ke dalam hewan yang mudah terserang oleh penyakit. Salah satu penyakit yang sering datang adalah flu dan cacingan. Bila di akibatkan dari perubahan cuaca yang tidak menentu, sedangkan cacingan dapat di sebabkan karena pakan yang tidak bersih.

Cara Ternak Kambing Yang Menguntungkan

  • Menyiapkan lahan

Kambing membutuhkan lahan agar dapat bergerak dengan bebas, jangan lupa untuk di sesuaikan dengan tubuh nya. Sebelum beternak kambing sebaik nya anda mencari lahan nya terlebih dahulu lalu di isi dengan kandang, dan terakhir kambing – kambing nya. Cari lah lahan yang jauh dari pemukiman warga, karena bau dari kambing dapat mengganggu warga.

  • Membuat kandang kambing modern

Desain kandang kambing yang modern mempunyai bentuk yang seperti rumah panggung, maksud nya kandang nya tidak menyatu langsung dengan tanah. Material dari kandang di dominasi dengan bahan kayu sehingga harga nya cukup terjangkau.

  • Memilih bibit kambing

Bibit kambing yang tepat adalah yang berusia 8 bulan sampat 1tahun. Pilih lah bibit yang sesuai dengan modal anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+