Bisnis Les Privat , Bisnis Yang Cukup Menggiurkan Di Masa Pandemi

Bisnis Les Privat , Bisnis Yang Cukup Menggiurkan Di Masa Pandemi

Bisnis les privat menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan di masa pandemi saat ini. Pasalnya seluruh sekolah di Indonesia harus menjalani pendidikan secara online di rumah mereka masing masing. Hal ini yang membuat banyak orang tua merasa jika pendidikan yang di dapatkan oleh anak mereka melalui online kurang maksimal sehingga memerlukan les tambahan.

Les privat sendiri terbagi menjadi dua konsep , yaitu konsep waralaba atua franchies dan konsep bimbel secara mandiri. Untuk konsep waralaba kalian memerlukan modal awal yang cukup besar , berbeda dengan konsep bimbel yang tidak terlalu memerlukan modal yang besar. Namun keuntungan dari konsep waralaba adalah lebih mudah memasarkan jasa mereka , apalagi jika brand kalian sudah terkenal luas di masyarakat sekitar.

Jika kalian sudah menentukan konsep les privat mana yang akan ditekuni , langkah selanjutnya yaitu dengan menentukan modal. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya , konsep waralaba cenderung memiliki modal awal yang cukup besar karena kalian harus menyewa suatu tempat , menggaji karyawan administrasi , menggaji les private , laptop dan komputer. Berbeda halnya dengan konsep secara mandiri yang mungkin hanya memerlukan laptop.

Setelahnya barulah kalian bisa menentukan lokasi usaha kalian. Kalian bisa membuka les privat di rumah kalian asalkan letaknya cukup strategis seperti di pinggir jalan yang ramai dilalui orang , dekat dengan pusat pendidikan , sekolah dan lain sebagainya.

Pilih pangsa pasar yang akan jadi sasaran kalian, seperti anak SD , SMP , SMA , dll. Sebenarnya kalian bisa mencakup seluruh segmen pasar di atas , namun kalian membutuhkan biaya yang besar dan memerlukan sumber daya manusia yang banyak. Dengan menyusun pangsa pasar yang akan dituju , tentunya kalian akan mudah menentukan strategi manajemen les privat.

Untuk kalian yang tidak memiliki modal usaha yang cukup besar , kalian bisa membuat proposal usaha dan mengajukannya ke bank Hal ini bertujuan agar kalian bisa mendapatkan modal tambahan yang cukup untuk membuka les privat.

Dan jika usaha les privat kalian sudah berjalan , langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memasarkannya ke berbagai sekolahan. Buatlah sebuah slot online brosur yang menarik agar para orang tua menarik untuk mengikuti les privat yang kalian buka. Jangan lupa juga beri potongan harga atau diskon yang menarik. Semisalnya jika harga pasaran les privat sekitar 300 ribu rupiah / bulan , maka kalian bisa menawarkan jasa les privat kalian sebesar 200 ribu rupiah / bulan.

Jangan lakukan promosi secara offline saja , lakukan juga secara online. Caranya dengan mengupload brosur kalian ke sosial media seperti Facebook , Instagram dan lain lain atau bisa dengan menggunakan iklan di internet. Namun untuk menggunakan iklan kalian harus mengeluarkan biaya lagi karena tidak gratis.

Nah itulah informasi mengenai cara membangun bisnis les privat di tengah pandemi saat ini. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+